Workshop Entreuprenership: “Direct and Online Marketing”

Mahasiswa Manajemen Dakwah Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Workshop Entreuprenership: “Direct and Online Marketing”yang dilaksanakan pada Selasa, 30 November 2021 mendatang, pada pukul 09.40 – selesai. Kegiatan ini diselenggarakan melalui platform Zoom Meeting dengan link menyusul. Acara ini nantinya akan dibuka dengan sambutan dan pra materi sang Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan Fakultas Ilmu Dakwah serta Ilmu Komunikasi UIN Syarif Hidayatullah, Drs. Cecep Castrawijaya, M.A., dan diharapkan mendapat antusias dari peserta webinar. Selanjutnya adalah penyampaian materi yang akan disampaikan oleh pemateri-pemateri yang luar biasa. Kemudian, dilanjutkan sesi tanya jawab, peserta webinar akan dipersilahkan bertanya kepada pemateri mengenai tema webinar yang bersangkutan.
Pemasaran produk merupakan salah satu kunci untuk memaksimunkan tujuan perusahaan dalam menghasilkan laba. Tanpa adanya pemasaran maka usaha/bisnis yang kita jalankan tidak akan berkembang pesat. Pemasaran setiap perusahaan pun berbeda-beda. Melihat perkembangan teknologi, yang semakin hari semakin maju, tampaknya memberikan warna tersendiri bagi kalangan pebisnis. Masyarakat indonesia yang mayoritas menggunakan internet bukan sekedar jaringan komunikasi saja akan tetapi banyak yang menggunakan intetnet untuk lahan bisnis Menjalankan bisnis dengan menggunakan trik pemasaran langsung dan interaktif tampaknya bisa membantu pencapaian target pemasaran. Hal inilah yang membuat penulis merasa perlu penelitian mengenai pemasaran itu sendiri. Supaya bisa memberikan sumbangsi kepada pebisnis pada umumnya dan diri sendiri pada khususnya.
Dengan melihat kompleksitasnya masalah perekonomian terutama yang berkenaan dengan pemasaran. Di mana Indonesia merupakan negara berkembang yang memiliki banyak potensi di berbagai bidang, terutama di bidang ekonomi dan lebih spesifiknya pemasaran. Sehingga Indonesia mampu bersaing dalam pasar global dengan meningkatkan gairah perekonomian melalui perdagangan dengan manajemen pemasaran.
Pemasaran langsung (Direct Marketing) adalah penggunaan saluran langsung konsumen untuk menjangkau dan mengirimkan barang dan jasa kepada pelanggan tanpa menggunakan perantara pemasaran. Pemasar langsung dapat menggunakan sejumlah saluran untuk menjangkau calon pelanggan dan pelanggan perorangan. Seperti telemarketing, situs web dan lain-lain. Pemasaran langsung menjadi peluang yang tumbuh pesat untuk melayani pelanggan. Pemasaran langsung semakin kencang menguasai penjualan eceran.
Dari pembahasan diatas marilah kita bahas tentang pemasaran langsung dan online. Pada pembahasan tersebut, kita akan mendalami apakah pemasaran langsung itu, pertumbuhan dan manfaat pemasaran langsung, pusat data pelanggan dan pemasaran langsung, bentuk-bentuk komunikasi pemasaran langsung, pemasaran lnline dan perdagangan elektronik, pemasaran langsung terpadu, serta kebijakan publik dan masalah etis dalam pemasaran langsung. Setelah mengikuti pembahasan ini diharapkan para peserta webinar dapat memahami pemasaran langsung dan online secara menyeluruh.