images

S2 Magister Manajemen Dakwah

“Menjadi Program Studi Magister Manajemen Dakwah sebagai bentuk rekognisi global dengan keunggulan integrasi keilmuan, keislaman, dan keindonesiaan;.

  1. Menyelenggarakan pendidikan bidang ilmu Magister Manajemen Dakwah untuk jenjang sarjana strata dua (S2) dengan kemampuan akademik dan profesionalitas sebagai ilmuwan muslim dalam bidang kajian ilmu dakwah dan sosial keagamaan, serta terintegrasi dengan nilai-nilai keislaman, keindonesiaan dan kemodernan.;
  2. Menyelenggarakan kegiatan riset di bidang ilmu Magister Manajemen Dakwah baik yang bersifat akademik dan terapan untuk berkontribusi dalam pemecahan masalah-masalah sosial, kebudayaan dan keagamaan di tingkat nasional dan internasional;
  3. Memberikan pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk pengetahuan, pengembangan wawasan dan penguatan masyarakat di bidang pemenuhan hak informasi publik.

  1. Menghasilkan Magister Manajemen Dakwah yang profesional dan berdedikasi tinggi;
  2. Menghasilkan produk penelitian Magister Manajemen Dakwah yang kontemporer dan aplikatif;
  3. Mengembangkan dan menyebarluaskan dakwah Islam untuk membantu memecahkan masalah kemanusiaan dan keagamaan dengan pendekatan Manajemen Dakwah;
  4. Mempersiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademis dan dapat menerapkannya dalam kegiatan keagamaan;
  5. Kurikulum Program Studi Magister Manajemen Dakwah, memperhatikan aspek keunggulan berbasis ilmu Manajemen dan Dakwah sehingga akan menghasilkan magister sosial, meliputi Manajemen Haji dan Umrah (MHU), Manajemen Lembaga Keuangan Syariah (MLKS) dan Manajemen Zakat, Infaq, Shadaqah, dan Wakaf (MZISWAF), yang dilandasi oleh sistem kurikulum yang berbasis pada kompetensi tersebut;

 

Program Magister Manajemen Dakwah (MMD) diharapkan menjadi Program Studi yang Unggul terutama dalam Kajian Manajemen Dakwah baik dalam Skala Nasional maupun Internasional. Program MMD ini di desain untuk memenuhi menciptakan sarjana yang memiliki profesionalisme yang tinggi terutama dalam pengelolaan Lembaga dakwah seperti lembaga pengelolaan zakat, lembaga pengelola keuangan islam, lembaga pengelola travel haji dan umroh. Selain aspek managerial, Program MMD dapat mencetak tenaga pendidik yang memiliki kompetensi di bidang keilmuan terkait dengan manajemen dakwah. Untuk mencapai hal tersebut, maka Kurikulum Program Studi Magister Manajemen Dakwah, memperhatikan aspek-aspek keunggulan dengan berbasis pada keilmuan Manajemen dan Dakwah sehingga akan menghasilkan magister sosial, antara lain bidang kajian Manajemen Haji dan Umrah (MHU), Manajemen Lembaga Keuangan Syariah (MLKS) dan Manajemen Zakat Infaq Shadaqah dan Wakaf (MZISWAF), yang berpijak pada sistem kurikulum berbasis pada kompetensi tersebut.

  • Prestasi 1 (Mahasiswa)
  • Prestasi 2 (Dosen)

Radio Kampus

Radio Dakwah dan Komunikasi FM atau RDK FM merupakan salah satu komunitas yang berada dalam naungan Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FDIKOM), Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta. Keanggotaan kru RDK FM terdiri mahasiswa Fakultas Ilmu Dakwah dan Komunikasi. Oleh karena itu RDK FM merupakan salah satu wadah pembelajaran bagi mahasiswa FDIKOM yang tertarik dalam dunia radio, bukan hanya itu mahasiwa juga dapat belajar mengenai organisasi. Kegiatan dalam RDK FM tidak jauh berbeda dengan kegiatan operasional siaran yang ada pada dunia radio seperti meliput berita, editing iklan radio, membuat program yang menarik, menjalin kerja sama, dan kegiatan operasional radio lainnya. RDK FM dapat didengar pada frekuensi 107,9 FM dengan jangkau siar sekitar 2,5 kilometer dari FDIKOM, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

DNK TV

DNKTV (Dakwah dan Komunikasi Televisi) merupakan sebuah wadah lembaga penyiaran komunitas bagi mahasiswa yang bergerak di bidang broadcasting dan Jurnalistik. DNK TV juga menjadi media pembelajaran bagi mahasiswa yang ingin meningkatkan keahlian dibidang penyiaran televisi dan Jurnalistik. Dengan memberikan pelayanan lnformasi, pendidikan, dan hiburan padamasyarakat, DNK TV ingin memberikan dampak dalam rangka mencerdaskan masyarakat menuju masyarakat madani.

Perpustakaan

Perpustakaan Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi memiliki koleksi yang mencakup lebih dari 2,000 buku dan 1,000 jurnal ilmiah terkini di berbagai disiplin ilmu yang diajarkan. Koleksi ini terus diperbarui dan diperluas sesuai dengan perkembangan kurikulum dan penelitian.