Seminar Manajemen Strategi dengan Tema “Lingkungan Eksternal dan Lingkungan Internal Perusahaan”
Seminar Manajemen Strategi dengan Tema “Lingkungan Eksternal dan Lingkungan Internal Perusahaan”

Seminar MD UIN JakartaFDIKOM – Selasa (4/4/2023) Program Studi Manajemen Dakwah mengadakan Seminar Manajemen Strategi dengan tema “Lingkungan Eksternal dan Lingkungan Internal Perusahaan” yang menjadi salah satu tema yang menarik dibahas dalam generasi seperti saat ini. Adapun pemateri dalam seminar tersebut ialah mahasiswa dari program studi Manajemen Dakwah angkatan 2021 yakni : Fatimah Azzahra Hidayat, Arya Syahrillah, Daffa Faydza Fasha, Mawaddatul Fatihiah, Lia Amaliyah, Ratumas Marshanda Syahrani, dan Sultan Abiy Iskandar. Manajeman strategi merupakan keputusan manajerial untuk kegiatan-kegiatan yang mengarah pada penetapan kinerja jangka panjang organisasi, yang meliputi analisis lingkungan internal dan eksternal. Yang disertai perumusan visi,  misi serta tujuan. Lingkungan disini termasuk dalam lingkungan eksternal dan internal perusahaan. Seminar MD UIN JakartaSetiap keputusan yang diambil oleh  manajer tidak terlepas oleh factor lingkungan eksternal dalam proses pengambilan keputusan. Keputusan yang diambil tergantung pada bentuk dan tujuan yang akan dicapai oleh organisasi. Lingkungan external memiliki 2 sifat mikro (berdampak langsung bagi organisasi) dan makro (berdampak tidak langsung bagi organisasi. “Lingkungan makro perusahaan adalah faktor-faktor eksternal dari masyarakat yang lebih luas yang mempengaruhi lingkungan mikro. Suatu organisasi atau perusahaan yang berhasil adalah mereka yang berhasil mengidentifikasi dan menganalisis kebutuhan yang belum terpenuhi maupun kecenderungan (tren) yang ada di dalam lingkungan perusahaan. Kebutuhan yang belum terpenuhi selalu dan akan selalu ada. Indikator dari lingkungan makro yaitu demografi, ekonomi, teknologi, politik, dan kebudayaan” Kata Fatimah Azzahra Hidayat dalam seminar manajemen strategi, Selasa, (04/04/23) Kemudian di afirmasi oleh Mawaddatul Fatihiah yang menambahkan bahwa “Benar memang politik dam kebudayaan masuk kedalam lingkungan eksternal makro, karena lingkungan ini dibentuk oleh hukum-hukum, lembaga pemerintah dan kelompok penentang yang membatasi kegiatan organisasi dan individu dalam masyarakat. Masyarakat membentuk kepercayaan dasar, nilai dan norma yang pada akhirnya merumuskan suatu pandangan tentang hubungan mereka dengan sesamanya, masyarakat lain, maupun alam semesta.” Adapun lingkungan Internal Mikro perusahaan merupakan pelaku yang dekat dengan perusahaan dan mempengaruhi kemampuan perusahaan untuk melayani pelanggannya. Tujuan utama setiap perusahaan adalah melayani dan memuaskan kebutuhan tertentu dari pasar sasarannya yang telah dipilih secara menguntungkan. Indikator dari lingkungan mikro perusahaan terdiri dari:

  • pemasok,
  • perantara pemasaran,
  • pelanggan,
  • pesaing, dan
  • masyarakat/publik.

Seminar MD UIN JakartaLiya Amaliyah mengatakan “Semua organisasi mempunyai kekuatan dan kelemahan dalam berbagai bidang fungsional bisnis. Analisis lingkungan eksternal terhadap peluang dan ancaman tidak cukup untuk memberikan organisasi keuntungan kompetitif. Analisis lingkungan internal lebih mengarah pada analisis intern perusahaan dalam menilai atau mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan dari tiap-tiap divisi keuangan dan akuntansi, pemasaran, riset dan pengembangan, personalia serta operasional.” Lingkungan internal merupakan pencocokan kekuatan dan kelemahan internal dengan peluang dan ancaman eksternal. Hasil dari analisis lingkungan internal akan menghasilkan kekuatan dan kelemahan perusahaan. Kekuatan atau keunggulan perusahaan itu meliputi keunggulan pemasaran, keunggulan sumber daya manusia. keunggulan keuangan, keunggulan operasi dan keunggulan organisasi dan manajemen. “Proses menjalankan audit internal sangat lah seiring dengan proses menjalankan audit eksternal. Menjalankan audit internal membutuhkan pengumpulan, asimilasi, dan evaluasi informasi tentang operasi perusahaan Dibandingkan dengan audit eksternal, proses menjalankan audit internal memberikan lebih banyak peluang untuk pihak yang berpartisipasi guna memahami bagaimana pekerjaan, departemen, dan divisi mereka merupakan bagian dari perusahaan secara keseluruhan, Menjalankan audit internal adalah kendaraan atau forum yang baik untuk memperbaiki proses komunikasi dalam organisasi. Komunikasi bisa jadi merupakan kata yang paling penting dalam manajemen.” Kata Arya Syahrillah, Selasa (04/04/23) Kemudian Ratumas Marshanda Syahrani beserta Sultan Abiy Iskandar menambahkan perihal faktor-faktor yang mempengaruhi lingkungan internal, mereka menyebutkan diantaranya yaitu :

  • Pemasaran
  • Keuangan dan Accounting
  • Produksi, Operasi dan Teknik
  • Personalia
  • Manajemen Mutu
  • Teknologi Informasi
  • Organisasi dan Manajemen Umum

Oleh karena itu diakhir seminar, Daffa Faydza Fasha mengatakan “Lingkungan adalah salah satu faktor terpenting untuk menunjang keberhasilan perusahaan dalam persaingan Untuk membuat tujuan sasaran dan strategi-strategi yang akan diambil. diperlukan analisis yang mendalam dan menyeluruh mengenai lingkungan di lembaga itu berada Lingkungan ini meliputi dana, sarana dan prasarana serta waktu dan tenaga Menghadapi kenyataan demik manajemen suatu organisasi perlu mengadakan analisis lingkungan agar dapat menentukan kemampuan organisasi berdasarkan berbagai sumber yang dimilikinya.”