Pelatihan Kewirausahaan : Sukses Berbisnis Dengan Analisis Peluang Pasar

Mahasiswa Manajemen Dakwah Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta menggelar Webinar Pelatihan Kewirausahaan bertajuk : “Sukses Berbisnis dengan Analisis Peluang Pasar” pada Selasa, 5 Oktober 2021 pukul 09.40 – selesai. Kegiatan ini diselenggarakan melalui platform Zoom Teleconference dengan dihadiri 80 peserta. Acara ini dibuka dengan sambutan dan pra materi oleh Wakil Dekan III Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Syarif Hidayatullah, Drs. Cecep Castrawijaya, M.A. dan mendapat antusias dari peserta webinar.

Pasar Bisnis (business market) merupakan suatu tempat dimana produsen-produsen melakukan penawaran barang dan jasa kepada para konsumen dengan strategi-strategi pemasaran yang handal untuk mempengaruhi konsumen agar dapat memiliki barang dan jasa yang ditawarkan oleh produsen tersebut. Pasar Bisnis terdiri dari semua organisasi yang mendapatkan barang dan jasa yang digunakan untuk memproduksi produk atau jasa lain yang termasuk ke dalam pasar bisnis.
Perilaku pembelian bisnis (business buying behavior) mengacu pada perilaku pembelian organisasi yang membeli barang dan jasa untuk digunakan dalam produksi produk dan jasa lain yang dijual, disewakan atau dipasok kepada pihak lain, sedangkan Proses pembelian bisnis merupakan proses pengambilan keputusan yang mana pembeli bisnis menetapkan kebutuhan akan produk dan jasa yang dibeli dan mengidentifikasi, mengevaluasi, serta memilih diantara merek-merek dan pemasok-pemasok alternatif. Perusahaan yang menjual kepada organisasi bisnis lain harus sebaik-baiknya memahami perilaku pasar bisnis dan pembelian bisnis.

Sebagaimana kita ketahui bersama, salah satu faktor yang mempengaruhi kesuksesan dalam berbisnis adalah dengan melakukan analisis peluang pasar karena hal tersebut merupakan salah satu elemen penting dalam manajemen pemasaran. Dengan melakukan analisis peluang pasar yang tepat, maka kita dapat memahami keadaan pasar sehingga dapat menentukan strategi yang digunakan agar keuntungan bisnis dapat dimaksimalkan. Dalam hal ini, penentuan target pasar juga penting mengingat perusahaan tidak dapat melayani konsumen di pasar secara langsung. Konsumen atau pembeli yang banyak dengan kebutuhan dan keinginan yang beragam atau bervariasi menjadikan perusahaan harus mengidentifikasi bagian pasar mana yang akan dilayaninya sebagai target pasar. Dengan demikian, kesuksesan bisnis akan berpengaruh terhadap seberapa baik dan tepat analisa pasar yang dilakukan.
Dalam analisis pasar bisnis, terdapat beberapa tahapan yang digunakan demi meraih kesuksesan dalam menganalisis peluang pasar, yang pertama mengetahui siapa saja peserta dalam proses pembelian atau pengadaan, selanjutnya memahami tahap-tahap dalam proses pembelian, setelah proses pembelian dilakukan, perlu adanya pengelolaan hubungan pelanggan antarbisnis serta pemahaman pasar lembaga dan pemerintah.
Setelah adanya webinar tentang pelatihan analisis pasar diharapkan proses penjual-belian lebih terarah sehingga dengan melakukan analisis yang tepat terhadap pasar sehingga perusahaan dapat lebih memahami kebutuhan dan keinginan calon konsumen dan hasil data dari proses analisanya, memungkinkan bisnis dalam mengembangkan produk dan layanan yang tepat sasaran dengan tetap efisien.