Mahasiswa Manajemen Haji dan Umroh Gelar Webinar Workshop Wirausaha

Mahasiswa Manajemen Haji dan Umroh Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta menggelar webinar Workshop Wirausaha bertajuk: “Menghadapi Persaingan” yang dilaksanakan pada Rabu, 13 Oktober 2021 pukul 13.00 – selesai. Kegiatan ini diselenggarakan melalui platform Zoom Meeting dengan dihadiri 85 peserta. Acara ini dibuka dengan sambutan dan pra materi oleh Wakil Dekan III Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Syarif Hidayatullah, Drs. Cecep Castrawijaya, M.A., dan mendapat antusias dari peserta webinar.

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa pemasaran adalah ujung tombak di dalam suatu perusahaan sering sekali kita melihat banyak produk-produk baru yang bermunculan di pasaran.Produk-produk tersebut banyak menawarkan macam kualitas.variasi jenis, serta berbagai macam variasi harga. Mulai dari kalangan bawah, menengah, hingga kalangan atas. Hal itulah yang sekarang terjadi oleh para pengusaha produsen agar menarik pembeli atau konsumen supaya minat dengan produk yang dijualnya. Tentu ini, tidak hanya sembarang atau asal mempromosikan untuk memperkenalkan produknya. Tetapi juga ada strategi yang harus manajemen perusahaan miliki. Untuk itulah, seorang manajemen pemasaran suatu perusahaan harus dapat menghadapi persaingan.
Persaingan itu sendiri berasal dari bahasa Inggris yaitu competition yang artinya persaingan itu sendiri atau kegiatan bersaing, pertandingan, kompetisi. sedangkan dalam kamus manajemen, persaingan adalah usaha-usaha dari 2 pihak/lebih perusahaan yang masing-masing bergiat ‚memperoleh pesanan‛ dengan menawarkan harga/syarat yang paling menguntungkan. Persaingan ini dapat terdiri dari beberapa bentuk pemotongan harga, iklan/promosi, variasi dan kualitas, kemasan, desain, dan segmentasi pasar. Sedangkan Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia persaingan adalah suatu perjuangan yang dilakukan oleh seseorang atau sekelompok orang tertentu, agar memperoleh kemenangan atau hasil secara kompetitif.

Dari pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa persaingan adalah organisasi yang berlomba untuk mencapai hasil atau tujuan yang diinginkan agar mampu memenuhi kebutuhan konsumen yang sama. Ada beberapa jenis persaingan, diantaranya: Persaingan sempurna, Persaingan Monopoli. Dan yang terakhir ada strategi pemasaran dalam persaingan yaitu pemasaran langsung, pemasaran mulut ke mulut dan Pemasaran komunal.