
Masih dari arena Kongres Nasional Komunikasi IV di Yogyakarta adalah paparan dari peserta.
Adalah Dr. Rubiyanah MA., yang kemudian mempresentasikan hasil risetnya tentang fenomena beragama ini.
Menurutnya, Generasi Z adalah generasi yang hidupnya berteman dengan medsos, atau Media Sosial. Sehingga dalam mencari informasi keagamaan juga cenderung lebih mendahulukan medsos seperti menonton konten-konten dakwah via youtube.
Hasil penelitian ini menemukan bahwa dakwah via youtube berpengaruh terhadap perilaku keberagamaan mahasiswa generasi Z.

Lebih lanjut, Dr Ruby menjelaskan,
terutama pengaruh yang signifikan adalah pada materi dakwah, dibandingkan dai dan metode.
Sedangkan pengaruh pada materinya adalah akhlak lebih banyak dibanding aqidah dan syariah. Selain itu, kegandrungan kepada Dai non salafi ternyata lebih banyak diminati daripada dai salafi.
Sementara itu, Sekprodi KPI UIN Jakarta Dr. Edi Amin memberikan catatan, bahwa kecenderungan Gen-Z yang selalu serba instanlah yang menyebabkan akses pada media sosial demikian tinggi. Hal ini juga yang kemudian berpengaruh kepada perilaku keberagaman mereka. [ ]